Hashtag di Twitter?


Lo punya akun twitter? Kalau lo punya akun twitter atau instagram, lo pasti pernah melihat hashtag atau dalam bahasa Indonesianya adalah Tanda Pagar (Tagar). Hashtag disimbolkan dengan '#'. Sejak pertama kali hashtag populer, audiens dipermudah untuk melakukan searching terhadap hal-hal yang mereka ingin tahu. Social media ditambah hashtag ini menjadikan interaksi kita semakin mudah dan cepat. 


Penggunaan hashtag ibarat kelas di jaman lo sekolah dulu. Kalau lo mau ke kelas IPA, lo harus mencari plang kelas IPA. Begitu pun dengan IPS. Hashtag memudahkan kita untuk mencari kelas-kelas yang ingin kita masuki. Misalnya saja ada hashtag #CintaIndonesia, berarti kita akan memasuki kelas di mana akan ada banyak hal-hal yang berhubungan dengan kebanggaan dan nasionalisme kita terhadap Indonesia. 

Di Twitter, hashtag adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menandai keyword atau topik di dalam twitter. Hashtag biasanya diciptakan secara organik oleh pengguna twitter sebagai salah satu cara untuk mengkategorikan sebuah pesan. Mengapa kita perlu menggunakan hashtag? Hashtag adalah kata kunci yang akan membantu lo untuk menemukan pengguna yang mempunyai ketertarikan sama dengan lo. 


Hashtag sebenarnya juga akan membantu lo untuk mendrive orang-orang untuk lebih mudah mengikuti konten apa yang ingin lo bicarakan. Dengan menciptakan hashtag, akan membuat lo bisa menciptakan trend untuk dibicarakan. Hanya dengan mengklik hashtag itu dan kita semua bisa berada dalam satu ketertarikan yang sama. Dengan hal yang sama, hashtag di twitter memudahkan lo untuk berpartisipasi dalam konten yang sedang dibicarakan yang terangkum dalam hashtag.

Sebuah tweet yang memiliki hashtag akan lebih mempunyai engagement dari user ke audiens. Kenapa? Hashtag mampu meyakinkan audiens bahwa kita membuat topik tertentu, bahasan tertentu sehingga pembicaraan kita lebih mengerucut lagi. 


Sebuah penelitian yang pernah diungkap di www.socialcaffeine.com mengemukakan bahwa tweet dengan satu atau dua hashtag mampu menambah engagement sampai 24%, namun jika lebih dari dua hashtag maka akan mengurangi engagement sampai 17%. Jika lo pengen membahas topik tertentu di twitter, maka gunakanlah hashtag, karena jelas akan mempermudahmu untuk mencari kelas apa pun yang pengen lo masuki. Paling tidak ketika lo mau membicarakan sesuatu akan terlihat rapi dengan hashtag dan mereka yang punya ketertarikan khusus dengan topik yang dibagikan, bisa nimbrung di hashtag lo.


No comments:

Post a comment