Ngeblog Yuk!


Sebelumnya terima kasih buat yang sudah pernah mampir atau sedang mampir ke blog ini. Blog www.dandycahyo.co adalah blog pribadi gue. Sebenarnya blog ini sudah dibuat hampir setahun, tapi kemudian tidak pernah diisi sampai bulan Agustus 2014 kemaren. Sudah hampir tiga bulan gue mengisi konten-konten di blog ini. Blog ini adalah hasil dari pemikiran dan hobi gue. Berlatar belakang seorang pecinta fotografi dan penggerak media sosial, gue banyak ngomongin tentang dua hal itu di dalam blog gue. 

Mungkin buat yang belum pernah tau, gue punya blog lain yang sudah hampir dua tahun tapi lebih berbentuk tumblr dengan mayoritas posting adalah tentang relationship.Makanya kemudian gue memilih postingan di blog ini adalah tentang postingan yang lebih serius. Mengurus dua portal tulisan memang tidak segampang kelihatannya, selain konten yang unik dan punya nilai baca, blog sangat membutuhkan konsistensi di mana lo harus membuat tulisan baru agar selalu ada hal baru yang bisa dibaca oleh audiens. Gue dapet ide dari mana? Apapun yang gue lihat dan alami selama itu masih mempunyai nilai baca, gue akan berusaha menuliskan itu dalam sebuah tulisan.

Banyak dari kita semua yang sudah mempunyai blog, cuma banyak juga yang kemudian tidak terurus. Entah karena bingung mau nulis apa atau tidak punya waktu untuk menulis. Jujur pada awalnya memang kelihatannya susah menemukan topik, tapi ide itu selalu berkeliaran. Tangkaplah dan kembangkan jadi tulisan. Sesimpel itu. Blog sudah bisa ditulis dalam waktu kurang lebih setengah jam. Tidak memakan banyak waktu bukan?

Menulis itu sesederhana lo punya ide yang menarik untuk dibahas, kembangkan dan hiasi dengan item yang mendukung seperti link atau gambar. Menurut gue, untuk blogger pemula, tata bahasa menjadi tidak terlalu penting. Yang penting adalah ide, niat dan konsistensi. Lama-lama juga lo akan belajar tentang tata bahasa. Setelah lo punya ide menarik, konsistensi menulis, dan tata bahasa, lo pasti akan belajar tentang layout desain blog lo agar makin menarik untuk dibaca.

Keuntungan menulis di blog? Lo bisa "berbicara" panjang lebar tentang apa yang ingin disuarakan. Orang bisa menilai apa yang ada di pikiran lo dan mengapresiasi apa yang lo tuang dalam tulisan. Keuntungan lain? Blog sangat bisa memberi pemasukan tambahan dengan google ads ataupun posting berbayar. Gimana caranya? Konsisten dulu menulis sehingga traffic lo naik. 

Postingan ini gue buat untuk merayakan hari akbar untuk seluruh blogger. Blogger adalah inspirasi untuk siapapun yang mengalami era digital. Selamat hari blogger! Mari kita posting! 


nb: jika kalian bersedia, tolong isi fitur komen dengan alamat blog kalian agar bisa gue visit. Terima kasih! ^^

3 comments:

  1. Selamat Hari Blogger juga, mas Dandy!

    Sebelumnya salam kenal ya, sama seperti yang dituliskan mas Dandy, awalnya menulis di blog itu bukan sebuah keharusan, namun seiring mendewasanya pribadi, aku jadi merasa bahwa, sebenarnya banyak hal di sekeliling kita yang seru dan menarik, bahkan kebiasaan-kebiasaan orang pada umumnya, tak masalah meski harus menertawakan diri sendiri, selama menghibur pembaca. Sekarang, buatku menulis blog adalah semacam terapi, terapi saat sedih, kesepian, kalut, depressi, dan perasaan-perasaan umum lainnya.

    monggo mas, mampir ke blogku di fitrifauziah.com. ^^

    ReplyDelete
  2. Ho'o untuk konsisten perlu ide, ide muncul karena niat. Cen angel kok ngeblog ki jebule.

    ReplyDelete
  3. Keren blognya mas... Baca-bacanya bikin betah. Ngomong-ngomong soal ngeblog, saya sebenarnya sudah lama sekali menekuni aktifitas tulis menulis ini, tapi masih saja merasa kekurangan wawasan seputar blogging. Ehh, tau tau nyasar kemari...hehe..

    Salam kenal aja mas
    Salam Blogger

    ReplyDelete