#Exploring50mm Part. Kenali Alatmu

Beberapa waktu yang lalu, di instagram dan twitter gue membagikan hashtag tentang #Exploring50mm. Banyak yang bertanya apa yang dimaksud dengan hashtag #Exploring50mm. Apakah itu hashtag suatu produk? Ataukah itu adalah sebuah aktivitas?



Pernah ingat salah satu postingan di blog ini yang mengungkapkan bahwa gue suka fotografi? Nah menurut gue fotografi adalah salah satu cara kita mengapresiasi apa yang ada di sekitar kita. Fotografi sederhananya adalah bagaimana kita menangkap gambar dengan alat memotret, menurut gue. Kadang gue sebel sama orang yang punya uang untuk membeli sebuah gadget (dalam hal ini fotografi) tapi kemudian gak pintar menggunakannya. Pintar yang gue maksud adalah tepat guna, paling enggak dia paham tentang fungsi dari gadget/alat yang dia pakai.

Ngobrol tentang fotografi, jelas kamera dan lensa menjadi senyawa yang menghidupkan fotografi itu sendiri. Kamera, jelas penggunaannya adalah menjadi penggerak utama dalam mendapatkan gambar. Lantas bagaimana dengan lensa? Lensa adalah perpanjangan dari mata kita. Lensa menjadi suatu tes bagi kita bagaimana kita bisa mendapatkan gambar yang indah. Coba perhatikan lensa yang lo punya, apa jenis lensanya? Kalau lo punya lensa, lo harus memahami dahulu tentang lensa lo dan seberapa powerful dia.

#Exploring50mm banyak berbicara melalui gambar, bagaimana lensa fix 50mm itu adalah salah satu item yang powerful menurut gue di bidang fotografi. Gue emang cenderung suka lensa fix karena hasilnya memang lebih tajam daripada lensa zoom. Entah mungkin selain karena ketajaman hasil, gue juga salah satu pecinta bokeh (blur yang dihasilkan oleh lensa). Dua hal ini yang menyebabkan gue cinta lensa 50mm. Si kecil yang luar biasa ini, lantas gue uji coba pada beberapa objek, meskipun mayoritas adalah percobaan bokeh. Foto yang di bawah ini adalah hasil langsung kamera dan tanpa editan atau filter sedikit pun.

Then It Begins

Spiderweb Pancake

I want to see you closer

Bones in a Leaf

Live in the Mountain

White Flowers

I see you

Abandoned Ones

I Hate You When Night Comes

Dating Lamps

Es Campur Warung Handayani

Brongkos Telor Warung Handayani

Gue gak berbicara banyak dalam tulisan mengenai bagaimana kehebatan alat-alat fotografi. Gue lebih suka mengekspresikan hasil mata gue ke dalam gambar. Percayalah bahwa setiap lensa memiliki kehebatannya masing-masing, tak ada yang sempurna. Masih ingat kata-kata “Man behind the gun”? Ya betul, selama orang di belakang “senjata” ini mengenal betul senjatanya dan kehebatan dari senjatanya, maka senjatanya akan menghasilkan sesuatu yang keren. Kalau kalian ingin berbagi tentang hasil karya memotret kalian, silahkan berbagi di kotak komentar. Selamat memahami gadget dan memotret!

P.S. Follow instagram gue ya di sini.


No comments:

Post a comment