Saksi Bisu Erupsi Merapi


Salah satu yang terkenal di Yogyakarta adalah Gunung Merapinya. Gunung yang masih aktif ini, merupakan gunung yang menyimpan banyak misteri. Banyak penduduk Jogja yang menjadi saksi dari kehebatan Gunung Merapi ini. 

Berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mengikuti Lava Tour yang ditawarkan di daerah wisata Kaliurang. Lava Tour ini akan mengajak kita berkeliling ke tempat-tempat yang punya memori tersendiri tentang Merapi. Salah satu spot yang menarik dari Lava Tour ini adalah Museum Mini Erupsi Merapi.


Ini adalah museum mini erupsi Merapi. Di Jogja, tahun 2010 ada erupsi Merapi yang boleh dibilang dahsyat. Museum mini ini kemudian dibuat untuk menunjukkan bagaimana alam itu sangat besar kekuatannya. 


Di museum mini erupsi Merapi ini, ada beberapa benda yang tersisa setelah diterjang lava Merapi. Rangka motor ini adalah salah satu saksi bisu bagaimana alam menghanguskannya.


Kursi ini pun ditinggal pemiliknya mengungsi. Diam tak berjiwa, dia juga termasuk dalam salah satu korban kehebatan Merapi. Beberapa perkakas kayu juga masih bisa dilihat di museum ini, seperti lemari, meja dan lain-lain. Banyak juga abu vulkanik yang masih tersisa di sini.


Tampak gong tua dan beberapa alat musik tradisional di sudut ruangan. Entah mungkin dulu rumah ini pernah mendendangkan irama jawa. Sekarang irama itu diabadikan oleh alam.


Yang tangguh yang bisa bertahan dalam kekuatan alam yang begitu hebat. Beberapa peralatan makan ini adalah mereka yang mampu bertahan.


Museum mini erupsi Merapi tak hanya berbicara tentang benda mati saja. Beberapa hewan ternak ditinggalkan oleh pemiliknya yang mengungsi. Gantungan tengkorak kepala ternak ini mungkin bisa menunjukkannya


Kenangan itu abadi. Kita bisa sadar akan sesuatu, salah satunya karena kenangan. Museum mini erupsi Merapi merupakan kenangan akan kehebatan alam, keluarga dan apa pun yang pernah tinggal di dalam sana. Semoga ini adalah pengingat agar selalu waspada terhadap bahaya. 


No comments:

Post a comment