Jonggrang Di Atas Bukit


Siapa yang tidak pernah mendengar Jonggrang?

Jonggrang akrab di telinga kita jika kita tahu cerita tentang pembentukan candi Prambanan. Konon Jonggrang adalah putri raja yang cantik jelita yang menjadi candi karena diubah oleh Bandung Bandawasa, seorang Raja yang ingin mempersunting Jonggrang.

Sabtu lalu (27/12), saya mendapat undangan sendratari Jonggrang di sebuah restoran yang bernama Abhayagiri Restaurant, di tepi atas sebuah bukit, di kawasan Desa Sumberwatu. Selama ini sendratari yang saya tahu hanyalah Sendratari Ramayana yang kerap diadakan di kawasan Prambanan. Menarik karena saya penasaran bagaimana visualisasi pembentukan Candi Prambanan yang selama ini hanya bisa saya lihat melalui buku cerita rakyat saja.

Cuaca hujan membuat sendratari Jonggrang ini tidak dapat diputarkan di Pelataran Candi yang ada di kawasan Abhayagiri. Akhirnya Sendratari ini diputarkan di dalam restoran itu sendiri. Seisi restoran menjadi hening dan fokus ketika Sendratari ini mulai dimainkan. Banyak penari dan gerakan, kostum serta atribut yang mereka gunakan membuat banyak penonton terkesima.

Persis seperti cerita aslinya, Sendratari Jonggrang mengisahkan Bandung Bandawasa yang sakti mandraguna yang ingin menaklukkan kerajaan Boko hingga membunuh Raja Boko namun jatuh hati kepada putri dari Raja Boko yaitu Roro Jonggrang.


Bandung Bandawasa yang sakti dan anak buah jinnya

Namun di balik kesaktiannya, Bandung Bandawasa berhati jahat

Tersebutlah seorang putri Raja Boko yang cantik jelita, bernama Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang memiliki kencantikan yang tersohor sehingga tak satu pun lelaki yang tidak menyukainya


Bandung Bandawasa yang terkenal sakti ini pun jatuh cinta dengan Roro Jonggrang

Raja Boko, ayahanda dari Roro Jonggrang yang melindungi kerajaannya dari Bandung Bandawasa

Peperangan Raja Boko dan Bandung Bandawasa

Bandung Bandawasa ternyata lebih sakti daripada Raja Boko

Raja Boko kalah dari peperangan melawan Bandung Bandawasa

Raja Boko mati dan Roro Jonggrang pun bersedih

Jonggrang mengajukan syarat sulit saat dipersunting Bandung Bandawasa

Jonggrang sendiri mengajukan syarat yang sulit kepada Bandung Bandawasa ketika ia ingin mempersunting Jonggrang karena ia tidak mau menikah dengan pembunuh ayahnya sendiri. Syarat yang diajukan pertama adalah pembuatan sumur dan yang kedua adalah pembuatan 1000 candi.

Bandung Bandawasa bertanya apa syarat untuk mempersunting Roro Jonggrang

Bandung Bandawasa menyanggupi permintaan Roro Jonggrang

Pembuatan sumur terasa mudah bagi Bandung Bandawasa dan bala tentara jinnya karena dia memang sakti. Namun mahar untuk mempersunting Jonggrang yang berbentuk 1000 candi ternyata yang menjadi inti dari cerita ini.


Bandung Bandawasa memerintahkan jinnya untuk membangun 1000 candi dalam satu malam

Kesaktian Bandung Bandawasa saat membangun 1000 candi, permintaan Jonggrang

Candi yang dibangun oleh jin Bandung Bandawasa

Rupa jin yang diperintah oleh Bandung Bandawasa

Jonggrang pada akhirnya mampu menggagalkan pembuatan 1000 candi ini dengan mengerahkan pasukannya yang membuat kejadian seolah-olah matahari telah terbit. Bandung Bandawasa marah dan akhirnya mengubah Jonggrang menjadi candi ke 1000 untuk menggenapi 999 candi yang telah ia buat selama semalam.

Drama pagi Roro Jonggrang yang menggagalkan pembangunan 1000 candi


Roro Jonggrang melihat bahwa candi yang dibuat hanya 999 candi

Roro Jonggrang diubah menjadi candi ke 1000 oleh amarah Bandung Bandawasa

Konsep-konsep modern yang tetap memperhatikan unsur budaya ini menjadi salah satu yang penting untuk dilakukan, mengingat kita jangan sampai tergerus perkembangan jaman. Jika tertarik untuk melihat sendratari Jonggrang ini, Abhayagiri akan menyediakan sendratari secara regular. Semoga ini akan menjadi sesuatu yang baru di Jogja.

1 comment:


  1. wow keren ya! Indonesia memang penuh dengan keanekaragaman, cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete