Seni Fotografi Makanan

Memotret makanan sebenarnya gampang-gampang susah. Seperti halnya objek-objek lainnya, makanan itu adalah suatu karya seni. Bahan baku, bumbu, kematangan, bahkan hingga penyajian di piring adalah bagaimana seni itu terbentuk. Terkadang kita sangat menyukai makanan yang tampilannya indah, tertata yang membuat ngiler.

Aglio Olio Peda Ijo
Chicken Tika Quesadillas
Hal yang cukup sederhana dari memotret makanan adalah bagaimana kita membuat audiens ngiler dengan apa yang kita foto. Jika fotomu saja tidak fokus, komposisinya tidak menarik atau pun berlebihan dalam editan. Apa pun gaya memotretmu, hal yang paling penting dalam fotografi adalah bagaimana menampilkan bahwa objek yang kamu foto looks tempting.

Telor Balado Jambal Merah

Beberapa fotografi makanan mengamini aliran lighting buatan, sementara sisanya mengamini aliran natural light. Saya adalah salah satu orang penganut Natural Light, karena memang keindahan intensitas dan warna cahayanya yang pas untuk mata.

Four Cheese Omelette

Ngobrol tentang fotografi makanan untuk saya cukup mudah. Saya biasanya hanya memandangi makanan tersebut, membayangkan bagaimana enaknya makanan tersebut di mulut saya dan melihat perspektif yang paling menggiurkan. Yang penting adalah bukan bagaimana kamu mengatur ambiens di sekitanrya, tapi malah bagaimana kita menonjolkan komposisi-komposisi utama dalam makanan, itu yang penting. Misalnya, ketika kita memotret Fruit Salad, kita berbicara tentang banyak buah yang dikombinasikan dengan Mayonaise. Maka tonjolkanlah dan fokuskanlah di komposisi tersebut.

Fruit Salad
Memotret makanan tidak cuma memotret dari atas persis makanan tersebut, tapi juga mencari bagaimana dimensi makanan ditata sedemikian rupa dan fotografi menangkap dimensi tersebut. Dimensi itulah yang menyebabkan tekstur makanan terlihat jelas (foto dari atas selalu mengurangi tekstur dan dimensi makanan). Ketika berbicara tentang tekstur dan dimensi makanan, inilah yang menyebabkan makanan tersebut Looks Tempting

Nanduto's Meatball

Indian Beef Curry

Nasi Kuning Indian Beef

Cheezylicious Quesadillas

Tahu Telor Empal Suwir

Semua foto yang ada di tulisan ini adalah beberapa foto yang saya ambil di Nanduto Home Cooking. Salah satu yang saya suka di Nanduto Home Cooking ini adalah tentang semangat #FoodRevolution. Ownernya, Ananda Putri percaya bahwa memasak itu mudah untuk semua orang. Nanduto Home Cooking ini sendiri menyediakan produk-produk seperti Sambel, Nachos, Sauce, Ready to Grill, Ready To Fry dan masih banyak lagi. Produk-produk ini mampu berkolaborasi dengan makanan kamu. Misalnya, membuat Aglio Olio, kamu tidak perlu motong-motongin bumbu dan lain-lain, namun yang perlu kamu lakukan adalah memasak Aglio Olio dengan Sambel Peda Ijo Nanduto Home Cooking dengan api kecil, lalu tambahkan kreasi-kreasi favoritmu seperti daging dan lain-lain. 

 Sebenarnya entah itu makanan rumahanmu atau jajan di luar, ketika kamu memotret makanan harus mengerti tentang aspek-aspek makanan itu sendiri. Penjiwaan terhadap makanan itu perlu dipahami, mengerti bumbu, warna, plating. Dan laparlah ketika memotret, maka kamu akan tau tentang konsep makanan menggiurkan ini. Selamat memotret!

Tempe Abon Jambal

Kripik Jagung Cabe

Daging Kemangi Jambal Merah







nb: Taken by Canon 60D, 50mm f/1.2 L lens and no additional lighting

No comments:

Post a comment