7 Kuliner Otentik Jogja - Fooddiscoverer


Jogja, salah satu kota dengan berbagai kuliner yang selalu dirindukan oleh orang. Bayangkan saja, di segala penjuru Jogja, ada banyak sekali kuliner otentik Jogja yang wajib kamu cobain. Tak cuma terkenal dengan Gudeg, banyak juga masakan khas Jogja yang punya cerita sendiri di baliknya

Tahun ini, saya membuat sebuah akun kuliner di Instagram, yang bernama fooddiscoverer. Akun ini dibuat berdasarkan salah satu hobi saya, yaitu jajan. Kuliner, adalah salah satu wisata yang punya daya tarik tersendiri. Setiap orang bepergian ke suatu tempat, tak menutup kemungkinan dia akan mencari kuliner lokal setempat, apalagi yang sifatnya otentik. Untuk Jogja sendiri, banyak sekali kuliner otentik yang bisa dieksplor. Berikut 7 Kuliner Otentik Jogja versi 1, menurut fooddiscoverer. 

1. Gudeg Bu Tekluk

Siapa yang tak kenal dengan Gudeg? Kuliner paling khas Yogyakarta ini adalah kuliner yang pertama dicari ketika menginjakkan kaki di Yogyakarta. Gudeg umumnya terbagi dua, Gudeg Kering dan Gudeg Basah. Banyak sekali yang berjualan gudeg di Jogja, beberapa dari mereka sudah sangat lama berjualan Gudeg. Gudeg Bu Tekluk adalah salah satu Gudeg yang diincar di malam hari. Bayangkan saja, kamu bisa mengantri panjang hanya untuk merasakan Gudeg Bu Tekluk yang nikmat ini.

 
2. Mangut Lele Bu Is

Imogiri memang keren. Selain karena sejarah dan budaya, kuliner Imogiri juga salah satu yang kondang di Yogyakarta. Mangut Lele, salah satu kuliner yang masuk ke dalam 7 kuliner otentik Jogja versi Fooddiscoverer ini, merupakan kuliner lawas yang dirindukan mereka yang dari luar kota. Tempatnya memang agak jauh dari kota, namun pengorbanan itu sangat sepadan dengan rasa dari Mangut Lele Bu Is ini.


3. Mie Lethek Kang Sum

Mi Lethek yang terbuat dari Tapioka ini juga salah satu yang hits di Imogiri. Bagaimana tidak, mi buatan sendiri ini ternyata punya citarasa tersendiri. Mi ini terlihat "lethek", namun rasanya boleh diadu dengan yang lain, apalagi dinikmati ketika panas.


4. Bakmi Doring

"Di mana ya Bakmi Jawa yang enak di Jogja?". Pertanyaan ini kerap kali diajukan ketika orang datang ke Jogja. Iya, mereka mencari Bakmi Jawa sebagai salah satu kuliner wajib di Jogja. Menyusuri daerah dekat Pojok Beteng, kamu akan menjumpai Bakmi Doring yang sudah lebih dari 30 tahun hadir di Jogja dengan rasa yang menggoda. Tapi jangan hanya tergiur dengan Bakminya, cobalah balungannya.


5. Sate Pak Raji Kaliurang

Pasti tau kan daerah Kaliurang? Nah ini dia salah satu kuliner hits semenjak Kaliurang berdiri, yaitu Sate Kelinci Pak Raji. Sate ini dibumbui dengan bumbu kacang. Daging empuk dicampur dengan bumbu kacang itu nikmatnya tiada tara, apalagi dinikmati bersama teh poci hangat.


6. Wedang Ronde Alkid 

Wedang Ronde ini adalah salah satu minuman hangat di malam hari yang dijual gerobakan. Terkadang orang bisa hanya bercengkrama dengan rekannya dengan menikmati wedang ronde.


7. Sate Lapangan Karang

Mencari sate sapi enak di Jogja? Cobalah Sate Sapi yang ada di Lapangan Karang. Konon katanya Sate Sapi ini yang terletak di daerah Kotagede ini merupakan kuliner lawas yang setiap mulai maghrib selalu penuh dengan pengunjung.


Nah ini dia 7 kuliner otentik Jogja versi 1 menurut FoodDiscoverer. Memang masih banyak yang lain, namun kamu bisa langsung mengeceknya di instagram FoodDiscoverer. Bagi yang ingin punya versi PDFnya, monggo langsung bisa diklik di sini. Terima kasih dan selamat menemukan kuliner seru lainnya!

No comments:

Post a comment