Apa Yang Bisa Dilakukan Lensa Tele 200mm?

Suatu kelengkapan jika kita punya 1 set lensa untuk memotret pemandangan yang luas, memotret jarak tanggung dan obyek yang jauh. Biasanya fotografer mempunyai 3 jenis lensa ini untuk memastikan apa pun kondisinya, selalu ada lensa yang mumpuni. Setelah kemarin,sempat membahas tentang lensa 35mm, kali ini gue ingin membahas tentang lensa tele yang selalu menjadi andalan, yaitu lensa Canon 200mm f/2.8.

Mengapa pilihan gue jatuh pada lensa tele 200mm? Lensa ini temasuk bukan lensa tanggung. Lensa tanggung yang dimaksud adalah ketika masih bisa zoom in atau masih bisa bergerak mendekati obyek dengan beberapa langkah. Lensa tele 200mm cukup efektif untuk memotret obyek yang posisinya jauh (tapi gak sejauh orang LDR yang beda kota ya). Misalnya saja untuk memotret stage.


Beberapa lalu gue memotret salah satu penampilan Glenn Fredly di Java Jazz 2017. Lensa 200mm ini sangat efektif digunakan untuk memotret performernya. Hasilnya yang tajam serta perbedaan dimensi obyek dan background yang blur membuat foto semakin ciamik. Foto yang dihasilkan pun jadi kolaborasi yang bagus antara ekspresi performer dan lighting panggung yang keren.







Memotret dari jarak jauh bukan merupakan hal yang sulit. Bahkan dari sudut-sudut sempit seperti di antara dedaunan, kerumuman orang-orang ramai, hal ini menjadi kekuatan bagi lensa 200mm karena akan menjadikan foreground atau background yang halus dengan warna yang tajam. Untuk sebuah acara, lensa 200mm bisa dijadikan lensa candid, di mana si obyek tak akan sadar bahwa kita mengambil gambar-gambarnya.




Lensa 200mm juga dibangun dengan kecepatan fokus yang tinggi. Seperti contoh, sewaktu gue memotret event Sendratari Ramayana di Candi Prambanan, banyak gerakan cepat yang dilakukan oleh para pemeran sendratari seperti lompatan, bertarung, berlari dan lain-lain. Didukung dengan pencahayaan yang mumpuni dan bukaan yang cukup membantu (f/2.8), membuat banyak yang bisa gue capture dengan baik.











Lensa 200mm memang bukan termasuk lensa pertama yang harus dimiliki oleh seseorang. Namun ketika memilih support lens untuk aktivitas, maka lensa 200mm ini bisa menjadi pertimbangan. Seperti yang gue ungkapkan di atas, bukaan besar, kecepatan fokus, jarak yang tidak tanggung, dan hasil yang tajam membuat lensa 200mm menjadi jajaran lensa yang gue rekomendasikan buat kalian yang hobby memotret.

No comments:

Post a comment