6 Cara Brand Mendapatkan Customer Retention!

Era digital dengan lebih dari 3 milyar pengguna media social membuka peluang yang sangat besar bagi dunia bisnis. Brand dengan lebih mudah mampu mendistribusikan konten dan mempromosikan produk serta jasa mereka. Berbicara tentang social media marketing, kita juga tidak boleh lupa dengan Customer Retention, bagaimana kita menggunakan social connectivity untuk mempertahankan dan mengembangkan relasi dengan pengguna produkmu.

Social media memberikan efektifitas yang tinggi bagi brand untuk membangun brand community dan mendapatkan audiens baru. Intensitas konten dari sebuah social media brand mampu membangun hubungan yang baik dengan audiens, seakan-akan brand tersebut ada setiap hari di sekitar audiens.

Ada 6 cara efektif untuk meningkatkan Customer Retention dari media sosial. Seperti apa 6 cara ini?

a. Social Listening

Mendengarkan kebutuhan audiens adalah hal yang penting bagi brand. Insight mengenai audiens menjadi ide yang baik untuk memuaskan audiens brand. Jadikanlah brand sebagai solusi bagi audiens, mereka bisa menemukan apa yang mereka cari di brand.

b. Reward Active Advocates

Brand juga perlu memantau siapa saja customer yang menjadi “marketing” mereka, artinya menyebarkan value positif tentang brand, mempromosikan produk dan lain-lain. Promosi ini pun bisa berbentuk testimoni di media sosial. Berikan reward pada mereka dan perkuat ikatan antara brand dan audiens.

c. Focus on Personalization

Konten yang dipersonalisasikan bisa membuat audiens lebih percaya dan nyaman dengan brand. Mereka menganggap bahwa brand lebih dekat dan berbicara secara personal ke mereka. Dengan konten yang dipersonalisasikan ini, brand dianggap lebih menghargai dan mengerti masalah audiens.

d. Take Advantage of Social Influencers

Social influencers memang salah satu faktor penting untuk akselerasi media sosial. Brand bisa menggunakan social media influencers yang tepat dengan target audience, dan biarkan mereka mempromosikan brandmu dengan gaya mereka sendiri, yang disukai oleh audiens dari influencer tersebut.

e. Speak The Language of Customers

Tone manner yang digunakan untuk berkomunikasi di media sosial pastinya akan mempengaruhi persepsi audiens terhadap brandmu. Tapi ketika brand sudah sangat mengenal target audiensnya dengan baik, bagaimana bahasa hingga istilah yang mereka gunakan, maka berbicara dalam tone bahasa dan istilah tersebut merupakan cara efektif engage dengan mereka.

f. Share At The Right Time

Salah satu hal yang sederhana namun sering diabaikan adalah timing. Pastikan bahwa konten yang dibagikan brand terdistribusikan di waktu yang tepat mereka mengakses media sosial. Hal ini juga berlaku untuk tren terkait, ketika ada tren yang sedang berlangsung, maka konten posting perlu dipersiapkan dengan baik.

No comments:

Post a Comment