5 Hal Tentang Menulis Caption di Media Sosial


Hampir semua orang punya media sosial, bahkan untuk aplikasi sekelas Instagram, sudah banyak sekali yang aktif menggunakannya. Media sosial bisa dibilang adalah kanal yang baik untuk memberi informasi, baik informasi tentang personal, maupun untuk kepentingan komunitas maupun bisnis. Salah satu unsur penting yang ada di media sosial adalah caption. Caption adalah teks yang dibuat untuk menggambarkan konten kepada audiens.



Kekuatan caption begitu besar, bahkan bisa membentuk persepsi audiens terhadap apa yang dibaca. Misalnya saja ketika kita berbicara tentang promo atau diskon, selain visual yang menarik, caption membantu menjelaskan tentang detail dan membantu memberi persuasi pada audiens untuk mengikuti promo tersebut. Bahkan untuk level personal, caption mampu membentuk personal branding kita, entah menjadi orang yang humoris atau orang yang punya pengalaman banyak.



Dalam satu visual yang sama, misalnya traveling di pantai, kita bisa saja membuat dua caption seperti:

“This beach is extremely beautiful! I can’t stop seeing the waves, the sand, the coconut trees and the blue sky. It really makes my day! If you guys want to see heaven on earth you should go to this beach!”

atau

“Laut, begitu indah seperti sosok matamu. Pasir, begitu halus seperti saat tangan kita beradu. Langit, begitu luas seperti harapan yang kuletakkan padamu.”

Kedua caption di atas akan memberikan persepsi yang berbeda terhadap akun yang memposting. Yang satu akan dipersepsikan sebagai orang yang cukup stylish, hobi traveling dan pintar. Sementara yang satu lagi akan dipersepsikan sebagai orang yang sendu, puitis dan mampu menerjemahkan alam sekitar ke dalam perasaan. Lantas, bagaimana kita bisa membuat caption yang tepat? Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah apa persepsi yang ingin kamu bentuk, kemudian jalankan tips-tips ini.

1.     Berbahasa yang tepat

Maksud dari bahasa yang tepat ini adalah bahasa yang sesuai dengan target audiensmu. Misalnya ketika target audiensmu adalah anak muda, maka berbahasalah sesuai dengan bahasa anak muda, begitu pun ketika targetmu adalah ibu-ibu, maka penggunaan kata seperti “si kecil”, “bunda” dan lain-lain. Berbahasalah di level audiensmu.

2.     Awali kalimat dengan hal menarik

Hal menarik di sini sering juga disebut punch line. Kenapa penting? Di posting, sering kali caption kita hanya terbaca 2-3 baris pertama, yang kemudian harus diklik see more untuk membaca lebih lanjut. Di 2-3 baris pertama inilah kamu harus membuat audiens ingin membaca lebih lanjut, penasaran akan hal selanjutnya. Bahkan kamu bisa membuat caption-caption yang cenderung click-bait, misalnya “Aku ingin bercerita tentang lima hal keren yang aku temukan di pantai ini…”

3.     Panjang pendek caption tergantung pesan

Apakah membuat caption pendek itu harus? Tergantung. Apakah membuat caption panjang lebih baik? Tergantung. Semua itu tergantung inti pesan yang akan kamu sampaikan. Jika kamu ingin berbicara tentang promo atau diskon, kamu tidak perlu bertele-tele menjelaskan, seperlunya saja. Beda halnya ketika kamu ingin menjelaskan sesuatu yang bercerita, tentu kamu tidak bisa menjelaskan di caption yang pendek. Untuk promo misalnya, kamu bisa membuat caption seperti ini:
“Merdeka Indonesia, Merdeka dari harga normal! Dapatkan diskon hingga 73% untuk pembelian Sepatu Eagle hanya di website eagle.co.id selama periode 10-23 Agustus 2018. Jangan sampai kehabisan persediaan!”

4.     Ajak orang untuk melakukan sesuatu

Sering juga disebut sebagai “Call-To-Action”, ini adalah elemen yang harus diperhatikan dalam membuat caption. CTA ini bisa berupa ajakan ke audiens untuk berkomentar atau membagikan pengalamannya, tag temannya, dan lain-lain. Di algoritma media sosial, kamu akan diajak untuk memperbanyak komentar dan diskusi agar postinganmu mampu menjangkau lebih banyak orang. Kamu bisa membuat CTA misalnya seperti ini:
… Apakah kamu merasakan hal yang sama juga? Coba deh bagikan pengalamanmu ketika menghadapi situasi seperti ini!”

5.     Buatlah audiens merasakan sesuatu

Caption seharusnya mampu menggambarkan situasi yang mudah dibayangkan oleh audiens. Ketika kita berbicara tentang hal yang sedih, buatlah alur bagaimana ketika membaca caption, orang bisa merasakan apa yang kamu rasakan. Begitupun ketika ini adalah momen happy, bagikan perasaan itu ke yang membaca. Mereka pun tanpa sadar akan menyukai atau memberi komentar di postinganmu.

Membuat caption memang membutuhkan latihan, hasilnya pun tidak bisa dilihat seketika. Lama-kelamaan, caption yang akan kamu buat akan mencerminkan persepsi yang kamu ingin bentuk. Tips ini bisa diaplikasikan ke akun personalmu atau akun bisnis yang kamu pegang. Jangan pernah meremehkan caption, karena tanpa caption, media sosialmu pun tidak akan kuat.


2 comments:

  1. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina, yang merupakan pemilik perusahaan peminjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, jadi saya menyimpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda

    Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan website ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk menceritakan kisah tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang Allah kirimkan untuk mengubah hidup saya,  mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana bisa satu perusahaan memberikan pinjaman?, itu harus menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya mengatakan yang sebenarnya, ALL GLOBAL GRANT LOAN, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang dipersyaratkan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi  mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat hidup Anda, ini EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAILPerusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Perusahaan :   +1(301)971-444
    Email Saya:  fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete