Santap di Kaliurang


Masakan Indonesia selalu awesome. Setidaknya inilah jawaban saya ketika ada yang nanyain tentang masakan Indonesia. Dari sabang sampai merauke, ada berbagai macam rasa yang ada di sana. Berbagai varian rasa dari mulai pedas, asam, manis, gurih dan lain-lain tersebar di pelosok nusantara. Jajanan yang enak-enak gini yang bikin gue jadi hobi makan. Setiap saya melsayakan travelling  ke suatu tempat, saya pasti tak lupa mencicipi jajanan lokal di sana.

Kemaren saya main ke kaliurang, salah satu kawasan wisata yang terletak di daerah yang agak tinggi. Kaliurang ini sendiri hanya terpaut 6,5 kilometer dari puncak gunung merapi. Kaliurang ini sendiri adalah salah satu tempat favorit saya kalau jalan-jalan seputaran jogja karena hawa dingin dan destinasi wisatanya yang lumayan banyak. SAya kali ini ditemenin @visitkaliurang yang siap memperkenalkan pesona wisata jajan di Kaliurang.

Saya sampai di kaliurang jam 1 siang dengan perut lapar, maklum habis berenang dan belum makan sedari pagi. Sesampainya di kaliurang, saya langsung diajak ke tempat makan legendaris di area Telogo Putri Kaliurang. Sampailah saya di rumah makan Mbah Ganis, salah satu warung makan yang sudah berdiri lebih dari 15 tahun. Warung makan ini terkenal dengan tongseng dan nasi klenyernya. Hmmm, sepertinya nikmat kalau saya mencicipi beberapa menu spesial yang ditawarkan di Mbah Ganis ini. Tongseng Kopyok dan Tongseng Awul yang ada di menu langsung membuatku penasaran. Akhirnya saya mesen tiga jenis makanan, yaitu tongseng kopyok, tongseng awul dan nasi klenyer.

Tongseng kopyok adalah sate yang diberi kuah tongseng dan dikopyok (diaduk secara halus) dengan telor ayam. Rasa tongseng ini nikmat sekali, terutama kuahnya sehingga sangat cocok dimakan dengan nasi putih hangat. Tongseng awul pun tak kalah enaknya. Tongseng awul ini dimasak dengan mi tiauw dan dicampur dengan lebih banyak sayuran sehingga rasanya luar biasa. Kebetulan saya memilih tongseng ini dimasak dengan daging kelinci. Pengolahan daging kelinci memang lebih terkenal di daerah yang tinggi, seperti Lembang dan Kaliurang ini sendiri. Tak lupa, saya nyobain nasi klenyer. Buat kamu yang gak tau apa itu nasi klenyer, ini adalah nasi goreng yang disiram dengan kuah tongseng. Nasinya menjadi agak nyemek, namun tidak menghilangkan nafsu makan karena baunya yang memang menggiurkan. Di Mbah Ganis ini seporsi makanan rata-rata 15 ribu, harga yang sangat terjangkau untuk wisatawan. Buat kamu yang gak suka pedes, jangan lupa untuk bilang sebelumnya karena masakan di Mbah Ganis ini cenderung dimasak pedes. 




Tongseng Kopyok Daging Kelinci


Tongseng Awul Daging Kelinci


Nasi Klenyer



Tak terasa saya main di kaliurang udah cukup lama dan hari berganti malam. Perut yang tadinya penuh sekarang mulai terasa lapar. Akhirnya saya direkomendasikan oleh @visitkaliurang untuk mencicipi Sate Donal Pak Min. Spontan gue kaget, apa itu sate donal. Sate donal ternyata adalah sate yang memakai daging mentok. Mentok adalah sejenis bebek yang bukan bebek (bingung gak tuh). Dagingnya memang sedikit lebih keras daripada bebek, namun jika olahannya baik maka daging itu akan terasa lebih lembut. Sate donal ini terletak di sebelah barat Taman Rekreasi Kaliurang. Tempatnya sederhana, tapi ternyata ada harta karun yang enak di sana. 

Sate Donal ini juga sudah berdiri cukup lama, yakni sudah 10 tahun lebih. Di sini hanya menjual olahan daging mentok saja. Menu yang pasti ada adalah sate donal dan tongseng donal. Sementara itu terkadang ada tengkleng donal, namun sayangnya pas saya ke sana tengklengnya tidak ada. Di sini saya mesen sate donal dan tongseng donal. Sate donal adalah sate daging mentok yang dibaluri saos kacang dan bawang. Anehnya, sate ini cukup empuk dan tidak amis, padahal cuma dibakar saja. Tambahan merica yang lebih banyak cocok dengan sate ini. Yang paling favorit adalah tongseng donalnya. Tongseng ini memang kelihatannya seperti tongseng biasa, namun olahan kuah tongsengnya enak banget. Meskipun menunggu sekitar 15-25 menit untuk dimasak, sate donal dan tongsengnya layak untuk dicoba. Harga seporsinya juga lumayan terjangkau, yakni 17 ribu untuk satu porsinya. Alhasil saya bungkus 2 porsi tongseng donal untuk orang rumah. 



Sate Donal


Tongseng Donal

Kunjunganku ke sate donal mengakhiri acara refreshing karena kerjaan yang menumpuk. Kaliurang memang tempat wisata yang asik, tapi banyak dari temen-temen yang kalau ke sana suka bingung mau makan apa, padahal menurut saya banyak jajanan yang bisa dicicip di sana. Travelling itu menyenangkan, mengenal berbagai macam tempat wisata itu menyenangkan, tapi mengerti jajanan lokal di sana akan lebih melengkapi acara jalan-jalanmu. Jadi kapan kita jalan-jalan lagi?

1 comment:

  1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada aki sahro yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 3 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari aki sahro yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih aki jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual aki sahro silahkan Tanyakan aja Pada aki dinomer hp beliau di:((_085_340_951_457_)) Terima kasih.

    ReplyDelete