Following Brand Account on Twitter




Perkembangan jaman melahirkan migrasi market, dari dunia konvensional ke dunia digital. Sebagian audiens beralih dari menonton televisi ke menonton timeline di gadget mereka. Beberapa beralih dari mendengarkan radio ke mendengarkan soundcloud. Mereka kemudian perlahan meninggalkan intensitas mereka pada media konvensional dan menambah porsi waktu untuk dihabiskan di media digital (baca juga: Market In Social Media). Migrasi ini kemudian secara langsung memberikan gambaran pada brand-brand bahwa market mereka sebagian berpindah. Untuk menjangkau migrasi market ini, brand-brand kemudian melakukan beberapa taktik digital dalam bentuk campaign. Banyak di antara brand-brand tersebut yang kemudian membuat akun media sosial. 

Pengelolaan akun-akun media sosial sebuah brand ini lazim disebut Social Media Management. Mengembangkan akun media sosial pun butuh taktik, timeline dan konsep tertentu. Brand-brand ini kemudian memilih platform yang cocok untuk produk mereka. Pemilihan social media platform ini pun harus tepat, karena tidak semua social media platform ini cocok untuk brand tertentu. (baca juga: Setting Up Brand Account). 

Salah satu social media platform yang dipilih biasanya adalah Twitter. Brand pun harus paham mengenai twitter lebih dalam. Tak cuma memahami lebih dalam, mereka juga harus tahu bagaimana proses orang untuk mengikuti sebuah akun twitter brand. Tidak cuma membuat akun twitter, kemudian pasti akan laku. Berikut paparan tentang alasan-alasan orang memfollow akun twitter brand.


1. Like the brand

Ternyata alasan pertama orang follow sebuah akun brand adalah karena memang orang menyukai brandnya. Biasanya ini adalah brand yang punya image baik di mata audiensnya.

2. To be notified of special offers/promotions

Alasan ke-2 orang follow sebuah akun brand adalah untuk mendapatkan notifikasi tentang promosi dan penawaran spesial. Audiens di bagian ini biasanya adalah audiens yang mengincar promo dan tidak ingin ketinggalan penawaran dari brand.

3. Staying up to date with the brand news

Untuk tetap up to date dengan brand, mengetahui setiap deskripsi dari brand merupakan alasan ke-3 orang mengikuti sebuah akun brand. Apakah dengan alasan ini audiens bisa disebut audiens loyal? Bisa.

4. Learning about new products and services

Audiens juga terkadang ingin mempelajari tentang produk-produk dan juga layanan baru yang ditawarkan oleh brand. Keinginan ini dianggap mampu menambah pengetahuan seseorang tentang brand.

5. Current customers

Pelanggan yang setia, akan mencari akun media sosial dari brand favoritnya dan pasti akan memfollow, entah apa pun info yang diberikan oleh brand tersebut.

6. To take part in competitions

Kuis menjadi salah satu pemicu orang untuk memfollow sebuah akun brand. Mereka tertarik dengan hadiah yang ditawarkan. Biasanya makin menggiurkan hadiah sebuah kuis, maka pesertanya akan semakin banyak dan pertambahan followers dari sebuah akun akan signifikan.

7. They tweet interesting/entertaining content

Konten juga merupakan salah satu alasan orang mengikuti akun brand. Konten dan info-info menarik dari akun brand menjadi konsumsi sendiri untuk audiens di media sosial.

8. To get freebies

Siapa yang tidak cinta gratisan? Beberapa brand menerapkan ada souvernir menarik ataupun free gift buat mereka yang follow akun media sosial dari brand tersebut.

9. To access exclusive content

Untuk beberapa brand, konten eksklusif terkadang hanya dibagikan di akun media sosial mereka untuk menjangkau audiensnya. Mereka tidak membagikannya di media lain.

10. To give brand feedback

Alasan ke-10 orang mengikuti akun brand adalah untuk memberikan feedback atas penggunaan produk brand, bisa berupa masukan atau komplen.

Masih banyak lagi alasan orang untuk memfollow akun brand. Sebenarnya brand perlu memahami alasan-alasan ini sehingga mereka tahu bagaimana mengembangkan akun twitter mereka untuk lebih menjangkau dan mengirimkan pesan ke audiens mereka yang berada di media sosial.

No comments:

Post a comment