#AntiPiyambakan di Bioskop



#AntiPiyambakan adalah gerakan yang menganut kebersamaan. Kalau bisa bersama-sama, ngapain sendiri? Di sini gue mau cerita tentang komunitas yang gue bikin sama partner in crime gue, Utied. Berawal dari sebuah whatsapp group yang diberi namaNonton Apa Hari Inidan beranggotakan tiga orang, whatsapp group ini ada awalnya memang bertujuan untuk merencanakan mau nonton film apa hari ini. Suka nonton, tapi susah cari temen adalah salah satu dari ide berdirinya komunitas nonton ini. Kemudian di suatu sore, dibentuklah akun twitter @nontonYK dan admin mengundang beberapa orang untuk bergabung di dalam whatsapp group ini. Lahirlah nontonYK. Keesokan harinya, beberapa dari anggota group ini mengadakan #nobarYK1 yang diikuti oleh 5 orang. Berlanjut minggu depannya ada #nobarYk2 diikuti oleh 55 orang dan #nobarYk3 diikuti oleh 85 orang. nontonYK juga memancing beberapa kota lain untuk ikut membuat komunitas nonton ini, seperti nontonJKT, nontonSUB, nontonBDG dan kota lainnya.


#nobarYK2 - Need For Speed - 55 piyambakers

#nobarYK3 - The Raid - 85 piyambakers

#nobarYK4 - Amazing Spiderman 2- 105 piyambakers

#nobarYK5 - X-Men: Days of Future Past - 93 piyambakers

#nobarYK6 - How To Train Your Dragon - 63 piyambakers

#nobarYK7 - Transformers: Age of Extinction - 162 piyambakers
#nobarYK8 - Teenage Mutant Ninja Turtles - 73 piyambakers


Beberapa kegiatan nontonYK yang biasanya dilakukan:

1. Nonton bareng segala jenis film
nontonYK memfasilitasi teman-teman yang mau nonton di bioskop dan mengajak nonton bareng di moment tertentu dengan proses registrasi beberapa hari sebelumnya.
2. Update film
nontonYK selalu membantu update film agar cah nonton jogja tidak ketinggalan update film dan jadwal yang akan hadir.
3. #CariTemanNonton
nontonYK membantu cah nonton untuk mencari teman nonton ketika mereka sedang pengen nonton tetapi tidak ada temannya, tinggal ngetwit aja dengan hashtag #CariTemanNonton.

Sebenernya kebersamaan yang kami bangun adalah bagaimana gerakan #AntiPiyambakan itu digalakkan dalam bentuk nonton film bioskop bareng. Jujur gue kenal banyak orang setelah ada nontonYK dan itu menyenangkan. Melewati beberapa interview dengan media membuat komunitas nontonYK ini meluas dan sudah punya nama. Berbagai keseruan gue lewati dengan komunitas nontonYK. Gue selalu berharap di kota-kota lain juga marak dan konsisten seperti nontonYK.


Intinya, mari #AntiPiyambakan!



No comments:

Post a comment